Minggu, 14 September 2014

Sekapur Sirih


Tanpa disadari, dalam kehidupan sehari-hari semua orang telah melakukan kegiatan akuntansi. Ketika seorang anak dalam keseharian menerima uang saku, selayaknya orang tua meminta pertanggungjawaban pengeluaran atas uang saku tersebut, begitu pula seorang ibu rumah tangga menerima uang belanja harian maupun bulanan, selayaknya pula harus memberikan pertanggungjawaban kepada suami atas pengeluaran-pengeluaran penggunaan uang belanja tersebut. Kedua permisalan di atas, menjadi tidak penting dan terlupakan, karena orang tua siswa dan suami tidak pernah meminta pertanggungjawaban secara formal kepada anaknya maupun kepada ibu rumah tangga di atas.

Menjadi hal penting dan harus dilakukan pertanggungjawaban, manakala siswa tersebut nantinya bekerja dan demikian pula sang ibu rumah tangga tadi juga bekerja sebagai karyawan pada sebuah perusahaan, tentunya setiap hal transaksi keuangan baik penerimaan dan pengeluaran harus dibuat pertanggungjawaban dalam bentuk laporan, yaitu pelaporan keuangan standar.

Karya kecil akuntansi dan perpajakan ini merupakan serial pembelajaran bagi siapa saja yang memerlukan informasi tentang pengetahuan terkait, beserta contoh dan aplikasinya dengan bahasa yang mudah dipahami, dimengerti dan dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat bagi banyak pihak.
                                          
Tangerang, medio September 2014