Rabu, 24 September 2014

ADJUSTING THE ACCOUNTS (Contd.) - Ayat Penyesuaian untuk Pembayaran Dimuka

Ayat Penyesuaian untuk Pembayaran Dimuka (prepayments)

Sebagai indikasi sebelumnya, pembayaran dimuka seperti biaya dibayar dimuka atau pendapatan diterima dimuka. Ayat penyesuaian untuk pembayaran dimuka diperlukan pada tanggal laporan untuk dipresentasikan kembali  bahwa biaya yang telah dibayarkan atau pendapatan yang telah diterima (expense incurred or revenue earned) dalam periode akuntansi saat ini.
Asumsi penyesuaian merupakan kebutuhan  untuk kedua bentuk pembayaran dimuka, aktiva dan kewajiban yang terlalu besar dan berhubungan dengan biaya dan pendapatan yang terlalu kecil. Sebagai contoh, dalam neraca saldo, saldo dalam aktiva, Perlengkapan, menunjukkan hanya pembelian perlengkapan. Saldo ini adalah terlalu besar, berkaitan dengan rekening biaya, Biaya Perlengkapan terlalu kecil karena harga pokok perlengkapan yang digunakan belum diakui. Selanjutnya ayat penyesuaian akan menurunkan rekening neraca dan akan meningkatkan rekening rugi / laba. Pengaruh ayat penyesuaian untuk pembayaran dimuka digambarkan dalam illustrasi berikut :










AYAT PENYESUAIAN











Biaya Dibayar Dimuka










Aktiva

Biaya


Saldo Sblm Penyesuaian
Kredit Ayat Penyesuaian (-)

Debet Ayat Penyesuaian (+)



 


















Pendapatan Diterima Dimuka










Kewajiban

Pendapatan


Debet Ayat Penyesuaian (-)
Saldo Sblm Penyesuaian


Kredit Ayat Penyesuaian (+)




















Biaya Dibayar Dimuka (prepaid expenses)

Biaya yang dibayar tunai dan dicatat sebagai aktiva sebelum biaya tersebut digunakan atau dikonsumsi diidentifikasikan sebagai biaya dibayar dimuka (prepaid expenses).  Ketika harga pokok dibayar dimuka, rekening aktiva didebet untuk menunjukkan jasa atau keuntungan akan diterima pada waktu yang akan datang. Pembayaran dimuka seringkali berkaitan dengan asuransi, perlengkapan, iklan dan sewa. Sebagai tambahan, pembayaran dimuka yang ditujukan untuk bangunan dan peralatan adalah pembelian.

Biaya Dibayar Dimuka akan berakhir ketika berlalunya waktu / manfaat biaya itu sendiri (seperti : sewa dan asuransi) atau pengeluaran telah digunakan (seperti perlengkapan). Pada tiap tanggal laporan, ayat penyesuaian dibuat untuk mencatat biaya bahwa penerapan ke periode akuntansi saat ini dan untuk menunjukkan harga pokok telah berakhir dalam rekening aktiva.

Hubungan aktiva –biaya timbul dengan biaya dibayar dimuka. Jika tidak dilakukan penyesuaian, aktiva akan terlalu besar dan biaya akan terlalu kecil.
Rekening Aktiva dan Biaya saling berhubungan dengan Biaya Dibayar Dimuka. Selanjutnya, hasil ayat penyesuaian biaya dibayar dimuka dengan debet ke rekening biaya dan kredit ke rekening aktiva.

Perlengkapan (supplies). Beberapa perbedaan bentuk perlengkapan (supplies) digunakan oleh perusahaan jasa. Sebagai contoh : Kantor Akuntan Publik memiliki perlengkapan kantor (office supplies) seperti alat tulis kantor, amplop dan kertas kerja akuntansi. Demikian pula perusahaan periklanan memiliki perlengkapan iklan (advertising supplies) seperti kertas gravir, video film dan kertas poster. Perlengkapan secara umum didebet pada rekening aktiva ketika diperoleh.  Selama operasi singkat, perlengkapan akan berkurang atau dikonsumsi. Demikian pula, pengakuan penggunaan perlengkapan ditangguhkan sampai dengan proses penyesuaian ketika persediaan fisik (dihitung) atas perlengkapan yang digunakan. Perbedaan antara saldo dalam rekening Perlengkapan (aktiva) dan harga pokok perlengkapan di tangan disajikan sebagai penggunaan perlengkapan (biaya) untuk periode berjalan.

Agen Periklanan Handar membeli perlengkapan iklan (advertising supplies) pada tanggal 5 Oktober dengan harga pokok Rp.2.500.000,-. Debet dibuat untuk aktiva Perlengkapan Iklan dan ditunjukkan dalam Neraca Saldo (trial balance). Persediaan dihitung pada akhir periode 31 Oktober, perlengkapan yang masih tersisa sebesar Rp.1.000.000,-. Selanjutnya, harga pokok perlengkapan yang digunakan adalah Rp.1.500.000,- (Rp.2.500.000,- - Rp.1.000.000,-) dan dibuat ayat penyesuaian sebagai berikut :










Okt
31
Biaya Perlengkapan Iklan
   1.500.000






Perlengkapan Iklan

   1.500.000




(pencatatan penggunaan perlengkapan)












Setelah ayat penyesuaian diposting, dua rekening perlengkapan dalam bentuk rekening T menunjukkan :

















Perlengkapan Iklan (000)

Biaya Perlengkapan Iklan (000)


5/10

   2.500
31/10
Peny.
   1.500

31/10
Peny.
  1.500


  


31/10
Sal
   1.000






  




















Rekening aktiva Perlengkapan Iklan sekarang menunjukkan saldo Rp.1.000.000,-, dimana rekening tersebut setara dengan harga pokok perlengkapan di tangan pada tanggal laporan. Sebagai tambahan, Biaya Perlengkapan Iklan menunjukkan saldo Rp.1.500.000,-, dimana rekening tersebut setara dengan penggunaan perlengkapan dalam bulan Oktober.

Jika tidak dilakukan penyesuaian :
(1)          Laporan R/L :
(a)     Biaya dicatat terlalu rendah                         Rp.1.500.000,-
(b)     Laba bersih terlalu tinggi                              Rp.1.500.000,-
(2)          Neraca :
        Aktiva dan Modal Pemilik terlalu tinggi              Rp.1.500.000,-  

Asuransi (insurance). Perusahaan besar memiliki asuransi kebakaran untuk barang dagangan dan peralatan, asuransi jiwa pribadi, asuransi kendaraan untuk mobil dan truk perusahaan. Pembayaran asuransi seringkali disebut premi asuransi. Harga pokok perlindungan asuransi dijelaskan dengan pembayaran polis asuransi. Jangka waktu minimum biasanya satu tahun, tetapi jangka waktu tiga sampai lima tahun dimungkinkan dengan premi tahunan yang lebih rendah. Premi asuransi secara normal dibebankan pada rekening aktiva Asuransi Dibayar Dimuka ketika dibayar. Pada tanggal laporan keuangan dibutuhkan debet Biaya Asuransi dan kredit Asuransi Dibayar Dimuka untuk harga pokok yang telah berakhir selama periode tersebut.
                                                          
Pada tanggal 4 Oktober, Agen Periklanan Handar membayar premi asuransi kebakaran untuk periode satu tahun. Masa asuransi effektif dimulai sejak 1 Oktober. Premi dibebankan ke Asuransi Dibayar Dimuka ketika dibayar, dan rekening ini menunjukkan saldo Rp.600.000,- pada neraca saldo 31 Oktober. Sehingga dalam bulan berjalan, premi asuransi yang sudah hangus sebesar Rp.50.000,- (Rp.600.000,- / 12 bulan).










Okt
31
Biaya Asuransi
        50.000






Asuransi Dibayar Dimuka

        50.000




(premi asuransi yg sdh hangus)












Setelah ayat penyesuaian diposting, rekening menunjukkan :

















Asuransi Dibayar Dimuka (000)

Biaya Asuransi (000)


4/10

      600
31/10
Peny.
       50

31/10
Peny.
      50


  


31/10
Sal
      550






  




















Jika tidak dilakukan penyesuaian :
(1)      Laporan R/L :
(a)     Biaya dicatat terlalu rendah               Rp.50.000,-
(b)     Laba bersih terlalu tinggi                    Rp.50.000,-
(2)      Neraca :

Aktiva dan Modal Pemilik terlalu tinggi     Rp.50.000,-