Minggu, 21 September 2014

RECORDING PROCESS (Contd.) - Neraca Saldo

Neraca Saldo

Neraca saldo (trial balance) adalah daftar rekening dan saldonya pada saat tertentu. Umumnya, neraca saldo disiapkan pada akhir periode akuntansi. Rekening yang telah dipesan dalam buku besar, dengan saldo debet diurutkan dalam kolom sebelah kiri dan saldo kredit dalam kolom sebelah kanan. Total kedua kolom harus berimbang.

Tujuan utama neraca saldo adalah untuk menyetujui keseimbangan matematis setelah posting debet dan kredit. Dengan sistem pembukuan berpasangan bahwa keseimbangan terjadi, ketika total penjumlahan saldo rekening debet berimbang dengan total penjumlahan saldo rekening kredit. Neraca saldo juga untuk tidak menutupi kesalahan dalam penjurnalan dan posting. Sebagai tambahan, penggunaan dalam persiapan laporan keuangan, seperti penjelasan dalam chapter berikutnya. Prosedur persiapan neraca saldo berisi hal berikut :

1.    Daftar urutan nomor rekening dan saldonya
2.    Total kolom debet dan kredit
3.    Persetujuan keseimbangan dua kolom

Persiapan neraca saldo dari buku besar Agen Periklanan HANDAR disajikan sebagai berikut :









AGEN PERIKLANAN HANDAR


Neraca Saldo


31 Oktober 20x1




Debet

Kredit









Kas
Rp.
      15.200.000




Perlengkapan Iklan

          2.500.000




Asuransi Dibayar Dimuka

             600.000




Peralatan Kantor

        5.000.000




Hutang Wesel


Rp.
        5.000.000


Hutang Usaha



        2.500.000


Pendapatan Diterima Dimuka



        1.200.000


Modal Handar



      10.000.000


Prive Handar

           500.000




Pendapatan Jasa



      10.000.000


Biaya Gaji

        4.000.000




Biaya Sewa

           900.000





Rp.
      28.700.000
Rp.
      28.700.000









Catatan bahwa total debet berimbang dengan total kredit berjumlah Rp.28.700.000,-. Nomor rekening kadang-kadang ditunjukkan sebelah kiri nama rekening dalam neraca saldo.

Keterbatasan Neraca Saldo

Neraca saldo tidak menjamin bahwa seluruh transaksi telah dicatat atau bahwa buku besar adalah benar. Sejumlah kesalahan yang mungkin terjadi dalam neraca saldo. Sebagai contoh, neraca saldo mungkin tidak bersaldo sama ketika (1) transaksi tidak dijurnal (2) ayat jurnal koreksi tidak diposting (3) ayat jurnal diposting dua kali (4) kesalahan rekening yang digunakan dalam jurnal atau posting atau (5) penghapusan kesalahan dibuat dalam pencatatan transaksi jumlah.

Lokasi Kesalahan

Prosedur untuk persiapan neraca saldo relatif gampang. Di samping itu, dalam sistem manual jika neraca saldo tidak berimbang, lokasi kesalahan dapat menghabiskan waktu dan membuat frustasi. Kesalahan-kesalahan umumnya hasil dari perhitungan matematis, ketidakbenaran posting atau pemindahan data yang tidak benar.

Penggunaan Tanda Rupiah

Catatan bahwa tanda rupiah tidak diharuskan dalam jurnal atau buku besar. Tanda rupiah biasanya digunakan dalam neraca saldo dan laporan keuangan. Umumnya, tanda rupiah ditunjukkan hanya keterangan pertama dalam kolom dan untuk total kolom. Garis tunggal ditempatkan di bawah kolom untuk menggambarkan untuk penambahan atau pembagian, jumlah total adalah garis ganda untuk mengindikasikan penjumlahan terakhir.